Menstimulasi Pertumbuhan Tinggi Badan Anak Secara Optimal

Menstimulasi Pertumbuhan Tinggi Badan Anak Secara Optimal

Tinggi badan makasimal memang tergantung pada faktor genetik. Namun ini bukan berarti kita tidak dapat mengusahakan apa-apa demi membuat tinggi badan anak tumbuh secara optimal.

Umumnya tinggi badan anak akan mencapai maksimal setara dengan tinggi badan orang tuanya (dengan jenis kelamin yang sama). Anak-anak juga memiliki pola pertumbuhan yang mirip dengan orang tuanya. Misalnya Anda mengalami pertumbuhan yang cepat di masa remaja, maka anak Anda kemungkinan akan mengalami pola pertumbuhan yang serupa.

Pertumbuhan tinggi badan anak yang normal sejak usia 4 tahun hingga masa puber adalah sekitar 5 cm per tahun. Untuk anak perempuan pertumbuhannya bisa mencapai 6-10 cm per tahun dimulai sejak usia 10 tahun. Dan untuk anak laki-laki, pertumbuhan mulai bergerak signifikan ketika usia 13 tahun, 7-12 cm per tahun.

Ada beberapa hal yang dapat membantu stimulasi pertumbuhan tinggi badan anak secara optimal. Berikut ulasannya.

1. Makanan Bergizi

Nutrisi yang tepat memiliki peran yang penting dalam potensi pebuh pertumbuhan tinggi badan anak. Usahakan anak memperoleh vitamin, protein, mineral, lemak dan karbohidrat yang cukup dari makanan yang mereka konsumsi. Pastikan anak minum air yang cukup setiap harinya.

Kalsium juga sangat penting untuk tinggi badan. Ini krusial untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Anak kecil usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 700 mg kalsium setiap harinya. Usia 4-8 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium, dan jenjang usia 9-18 membutuhkan hingga 1300 mg kalsium tiap hari. Selain susu, kalsium dapat diperoleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan putih, dan ikan seperti sardin.

2. Kualitas Tidur

Anak kecil memerlukan waktu istirahat yang cukup sehingga tubuh mereka dapat menyerap energi, memperbarui sel dan menghasilkan hormon dengan baik. Balita biasanya butuh waktu tidur 10-13 jam per hari. Dan untuk anak usia sekolah membutuhkan tidur 8-9 jam per hari.

Tidak peduli berapa pun usia anak Anda, latih secara disiplin untuk bersiap tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun di jam yang sama pula setiap pagi. Ini dapat membantu tubuh terbiasa disiplin dengan waktu mereka untuk mencukupi waktu istirahatnya.

3. Berolahraga / Aktivitas Fisik

Dengan beraktivitas dengan cukup, anak kita dapat tumbuh dengan baik dan tercegah dari obesitas. Anak kecil membutuhkan sekitar 60 menit aktivitas fisik setiap harinya.

Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak mereka jalan kaki di sekitar rumah. Entah itu sekedar jalan belanja ke warung, bermain bola di lapangan, atau jalan ke taman bermain di kompleks rumah. Olahraga biasanya bukan hal yang sulit untuk anak, karena mereka memang punya energi berlebih dan semangat yang tinggi untuk selalu bergerak. Tugas kita bagi orang tua adalah mengajak, menyediakan waktu, atau memfasilitasi kegiatan fisik mereka dengan tepat dan rutin.

Gangguan Pertumbuhan

Gangguan dapat diperhatikan jika pertumbuhan tinggi badan anak Anda tidak seperti anak-anak usia mereka kebanyakan. Jika Anda mengira bahwa anak Anda mengalami gangguan pertumbuhan, Anda dapat membawanya ke dokter anak dan berkonsultasi. Dokter dapat mendiagnosa dengan tepat dan memberi rekomendasi atau penanganan medis dengan baik.

Beberapa kondisi medis yang kronis atau dari faktor genetik bisa saja mempengaruhi pertumbuhan ini. Konsultasikan dengan dokter anak Anda mengenai penanganan yang tepat.

 


 

Kami dari klinik tumbuh kembang anak Jakarta dan Depok menyediakan layanan konsultasi dan terapi untuk pertumbuhan anak secara perilaku dan mental. Kami melayani anak berkebutuhan khusus yang memerlukan bantuan terapis untuk membentuk kebiasaan baik untuk kehidupan sehari-hari. Jangan sungkan untuk menghubungi nomor yang tertera.

Gheantisa Sagita Zuels, SST.OT

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *