Tips Mendukung Perkembangan Kejelasan Bicara Anak

Tips Mendukung Perkembangan Kejelasan Bicara Anak

Meningkatkan kejelasan bicara anak adalah salah satu tujuan dari terapi wicara. Kejelasan bicara merupakan satu hal yang cukup penting karena mempengaruhi kepercayaan diri anak setiap kali mereka berbicara. Jika mereka sering menemukan hambatan setiap kali berbicara, anak jadi malu untuk berkomunikasi.

Berikut panduan singkat dalam perkembangan kejelasan bicara anak:

  • Saat anak usia 2 tahun, Anda dapat mengerti 50% kejelasan bicara anak Anda.
  • Saat anak usia 3 tahun, Anda dapat mengerti 75% kejelasan bicara anak Anda.
  • Saat anak usia 4 tahun, Anda dapat mengerti 100% kejelasan bicara anak Anda.

Panduan tersebut juga dapat diaplikasikan pada orang asing atau siapa pun yang jarang (atau tidak pernah) mendengar anak Anda berbicara.

Kami memiliki beberapa cara mendukung perkembangan kejelasan bicara anak. Tips berikut ini dapat membantu anak Anda lebih mudah dipahami ketika berkomunikasi verbal dengan orang lain.

Berbicara Dengan Tempo Lambat

Kebanyakan anak sulit dipahami karena mereka berbicara terlalu cepat. Ketika seseorang berbicara cepat, mereka mengurangi ketepatan artikulasi kata-kata dan batasan kalimat sehingga susah dimengerti orang lain.

Ahli patologi bahasa biasanya menggunakan bantuan visual dan mengajari anak-anak dengan istilah “bahasa kura-kura” untuk memperlambat tempo bicara.

Rajin Mengoreksi Kesalahan Pengucapan

Pada usia dini memang ada tantangan tersendiri untuk mempelajari kata yang terdiri dari banyak konsonan dan kosakata. Contohnya seperti kemeja dan celana yang sering disingkat menjadi meja atau nana. Mungkin saat masih kecil memang terlihat lucu, tapi sudah seharusnya untuk diajari kata yang lengkap.

Untuk memperbaiki kesalahan pengucapan yang mungkin dilakukan anak, Anda dapat memberi tahu mereka pengucapan yang benar secara berulang. Dengan memberi tahu mereka, maka kecerdasan bahasa mereka pun meningkat.

Menyadari Saat Lawan Bicara Anak Tidak Paham

Bagian penting untuk mengatasi masalah komunikasi adalah mengenali adanya gangguan bicara di tahap-tahap awal. Salah satu tandanya adalah ketika lawan bicara kesulitan memahami pengucapan kata-kata.

Anak yang masih kecil tidak dapat menyadari ini sendiri. Apa yang mereka ucapkan malah jadi disalah artikan oleh lawan bicaranya. Dan mereka tidak memahami dimana salahnya. Ini dapat menjadi tekanan tersendiri bagi sang anak.

Untuk anak berusia sekitar 3 tahun, Anda dapat membantu mereka mengenali ketika hal ini terjadi. Beri tahukan kepada mereka ketika lawan bicara mereka mengeluarkan ekspresi bingung artinya tidak paham. Dukung mereka untuk mengulangi kata yang sama namun dengan koreksi.

Kemudian ajari mereka untuk memperjelas bicaranya, bicara dengan perlahan, atau ajukan pertanyaan pada lawan bicara apa yang membuat bingung.

anak berbicara

Ajari Berbicara Dengan Gerak Tubuh Tenang

Yang sering tidak perhatikan adalah gaya bicara kita sering kali meniru gerak tubuh kita. Ketika kita sedang lelah, maka cara bicara juga pelan. Dan kita sedang semangat, tubuh kita bergerak dengan semangat, gaya bicara kita pun berapi-api.

Jika anak sedang berbicara atau bercerita kepada kita, coba ajak mereka untuk tarik nafas dalam dan berbicara dengan lebih tenang. Ini akan membantu mereka menata bahasa dan kata-kata yang keluar dari mulut mereka. Dan ini membantu mereka terbiasa dan mengenali diri mereka sendiri ketika sedang terlalu bersemangat.

Praktik di atas memang tidak mudah dan harus dijalani secara disiplin untuk mengembangkan kejelasan bicara anak. Semoga dapat membantu.

Jika anak Anda memerlukan bantuan bantuan profesional dalam menangani gangguan bicara atau kejelasan bicara, kami memiliki layanan Terapi Wicara Jakarta dan Depok. Silakan hubungi kami di nomor yang tertera.

Gheantisa Sagita Zuels, SST.OT

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *