Cara Mendorong Kebiasaan Tidur Yang Sehat Untuk Anak

Cara Mendorong Kebiasaan Tidur Yang Sehat Untuk Anak

-advertisement-

Anak-anak memerlukan waktu tidur lebih panjang dibanding orang dewasa. Waktu tidur anak yang ideal bervariasi tergantung dari usia dan tahap pertumbuhannya. Lalu bagaimana cara mendorong kebiasaan tidur yang sehat untuk anak? Berikut Kami berikan tipsnya untuk Anda

1. Lakukan Aktivitas Yang Membuat Mudah Tidur

Buatlah anak untuk fokus pada aktivitas yang lebih rileks, misalnya mendengarkan musik dan  membaca. Jauhkan gadget yang akan membuat anak tidur

2. Temukan Penyebab Anak Sulit Tidur

Bila penyebab anak susah tidur di malam hari sudah diketahui. Cobalah membantunya untuk mengatasinya, berikan cara yang terbaik dan realistis.

3. Ikuti Jadwal Tidur Dengan Disiplin

Menerapkan jadwal tidur anak itu penting, salah satunya adalah untuk mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas pada anak. Usahakan untuk mendorong anak bangun dan tidur 1 jam lebih awal dari jadwalnya, hal ini untuk membantu mengatur jam internal anak.

4. Pastikan Anak Tidur Dalam Kondisi Damai

Jangan membuat percakapan atau pertengkaran yang membuat emosional dengan anak pada saat sebelum tidur. Hal ini akan berpengaruh pada respon stress akut dan sistem yang diaktifkan bila hal-hal tersebut terjadi.

Anak akan mengalami peningkatan hormon stres yang dilepaskan ke tubuh, dan menimbulkan kondisi yang sangat bergairah. Bila anak sedang kesal, Anda bisa mengajaknya bicara tentang perasaannya, dan bantu anak untuk menyelesaikan ketidaknyamanan itu.

5. Ciptakan Suasana Tenang

Buatlah kamar anak menjadi tempat yang nyaman baginya. Suasana tidur yang tenang akan meningkatkan kualitas tidur anak. Pasang seprai yang lembut, aturlah cahaya agar jangan terlalu gelap, dan hindari suara bising. Pastikan juga handphone dan televisi dalam keadaan mati, untuk menghindari gangguan. 

Mengatur suasana kamar ketika menjelang tidur, akan membantu anak membedakan mana siang dan malam, sehingga pola tidur anak  akan lebih teratur dan konsisten.

6. Hindari Konsumsi Kafein Sebelum Tidur

Minuman yang mengandung kafein bukan hanya ditemukan pada minuman kopi. Tapi minuman coklat, teh, minuman berenergi dan cola juga mengandung kafein.

Minuman yang mengandung kafein memiliki efek stimulan yang akan membuat anak susah tidur. Karena itu, jauhkan minuman berkafein terutama saat anak mendekati jam tidurnya. 

-advertisement-

7 .Pastikan Anak Terpapar Sinar Matahari Yang Cukup di Siang Hari

Pastikan anak mendapatkan cahaya matahari yang cukup setiap harinya, terutama pada saat pagi hari. Cahaya matahari mampu menghasilkan hormon tidur atau hormon melatonin. Hormon ini mampu mendorong anak merasa terjaga pada siang hari sehingga ia akan mengantuk menjelang tidur. 

Anak yang mendapatkan paparan cahaya pada siang hari dan gelap pada malam hari dalam waktu yang seimbang akan menjaga ritme sirkadian lebih seimbang. Ritme sirkadian yaitu proses alami dalam tubuh seseorang yang berperan mengatur siklus  bangun dan tidur.

Durasi Tidur Ideal Untuk Anak Berdasarkan Usia

Tidur yang sehat dan berkualitas pada anak sama pentingnya dengan seperti memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk tubuhnya. Tidur merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak.

Tidur yang cukup dan berkualitas akan memperbaiki kemampuan seorang anak berkonsentrasi dan fokus. Tidur yang sehat pada anak akan menghilangkan lelah karena aktivitas bermainnya, dan memelihara daya tahan tubuh.

Tidur memiliki peranan besar dalam, pertumbuhan, perkembangan dan kematangan otak dalam tahun-tahun pertama kehidupan anak. Baik itu tidur di malam hari maupun tidur siang.

Adapun waktu tidur ideal bagi anak berdasarkan usianya adalah :

  • Bayi  usia 0-1 tahun  yaitu 12-16 jam
  • Anak usia 1-2 tahun yaitu  11-14 jam
  • Anak usia 3-5 tahun yaitu  10-13 jam
  • Anak usia 6-12 tahun yaitu  9-12 jam

Mendorong kebiasaan tidur yang sehat untuk anak dapat membantu mereka mendapatkan tidur yang berkualitas. Pada prosesnya akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat.

Gheantisa Sagita Zuels, SST.OT
Latest posts by Gheantisa Sagita Zuels, SST.OT (see all)

-advertisement-

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *