7 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak dan Durasi Tidur Yang Baik

7 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak dan Durasi Tidur Yang Baik

Anak-anak terkadang sangat enggan melakukan tidur siang. Mereka kadang menganggap tidur siang akan menghabiskan waktu dan tidak dapat bermain dengan teman.

Namun sebenarnya, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak. Jika anda memahami hal ini, dipastikan bahwa anak akan diperintahkan untuk tidur siang selama beberapa saat.

Mungkin Anda perlu menjelaskan beberapa manfaat tidur siang pada anak yang mereka dapat mengerti. Sehingga kita tidak perlu repot mengejar-ngejar mereka untuk tidur.

1. Mencegah Mudahnya Terserang Penyakit

Tidur siang untuk anak akan membantu tubuh anak mencegah penyakit yang muncul karena bakteri. Tidur siang akan menjaga daya tahan tubuh anak, sehingga bakteri enggan menyerang tubuh anak.

Bila anak kurang istirahat, maka metabolisme tubuh terganggu dan daya tahan tubuh anak akan semakin melemah dan memudahkan berbagai macam penyakit menyerang.

2. Mengistirahatkan Organ Tubuh

Tubuh anak yang aktif, sangatlah membantu perkembangan anak. Namun, saat sudah bergerak secara aktif anak butuh mengistirahatkan organ tubuh selama beberapa saat.

Setelah mengistirahatkan tubuh, anak dapat menjadi lebih segar dan siap untuk lebih aktif bergerak. Selain itu, istirahat beberapa saat akan membantu anak mengembalikan kesehatan saat sakit.

3. Memperbaiki Mood

Rupanya, mood anak dapat terperbaiki saat anda membuatnya tertidur selama beberapa saat. Anak yang memiliki waktu tidur lebih banyak, umumnya lebih bahagia dibandingkan anak yang kurang tidur.

Anak yang kurang tidur, biasanya rewel, mudah lemas dan mudah menangis. Untuk itu, biasakanlah anak tidur beberapa saat di siang hari untuk memperbaiki moodnya.

4. Menjaga Berat Badan

Tingkat kesehatan anak dapat dilihat dengan berat badan yang dimilikkinya. Salah satu cara menjaga berat badan tersebut adalah melakukan tidur siang secara berkala.

Buatlah anak beristirahat cukup dengan tidur siang. Aktivitas yang berlebihan, dapat menyebabkan masalah penurunan berat badan secara drastis. Karenanya berikanlah penjelasan pentingnya tidur siang.

5. Merangsang Tumbuh Kembang Anak

Menurut penelitian, anak yang tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal. Hal ini dikarenakan hormon pertumbuhan mengalir aktif saat anak tidur siang.

Hormon ini bekerjasama dengan hormon anak ginjal, tulang dan otot. Sehingga, tumbuh kembang anak menjadi lebih maksimal dan siap untuk beraktivitas setelah bangun tidur.

6. Meningkatkan Kemampuan Proses Informasi

Anak yang beruia diatas satu tahun, sangat baik melakukan tidur siang. Karena dengan tidur siang akan meningkatkan kemampuan memproses informasi dan mengaplikasikan pengetahuannya.

Anak yang tidur siang teratur, tidak akan cepat lelah dan lebih optimal menerima informasi pada kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

7. Lebih Gembira

Balita yang tidak tidur siang, biasanya kurang nyaman atau tidak bahagia. Bahkan, saat hal ini terjadi berulang akan menyebabkan gangguan mental saat anak dewasa. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya buat anak tidur siang secara teratur. Perasaan stress dan cemas akan segera terselesaikan, serta anak lebih nyaman menjalankan aktivitasnya di saat dewasa.

Itulah beberapa manfaat tidur siang bagi anak yang harus anda ketahui. Jelaskanlah beberapa manfaat ini pada anak, sehingga anda bersedia menjalankan tidur siang. Lantas, berapa lama waktu tidur siang yang anak butuhkan?

Durasi Waktu Tidur Siang Terbaik

Banyak yang mempertanyakan tentang berapa lama waktu tidur siang untuk anak? Waktu istirahat atau tidur siang untuk anak, sama dengan orang dewasa. Di mana, anak membutuhkan waktu tidur sebanyak 30 sampai 60 menit setiap harinya. Waktu ini sangat cocok untuk anak yang aktif, tidak perlu terlalu lama, asalkan berkualitas.

Perlu diingat, bahwa dalam waktu tidur siang janganlah terlalu lama. Karena waktu tidur yang terlalu panjang dapat menyebabkan masalah pada waktu tidur malam. Jika tidak hal ini terjadi, sebaiknya berikan batas waktu tidur siang untuk anak secara teratur.

Manfaat tidur siang bagi anak untuk kesehatan tidak lagi perlu diragukan.

Gheantisa Sagita Zuels, SST.OT

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *