Perhatikan Proses Tumbuh Kembang Anak 0-5 Tahun Berikut

Perhatikan Proses Tumbuh Kembang Anak 0-5 Tahun Berikut

Perkembangan anak merupakan suatu yang penting untuk dipantau. Perkembangan anak memiliki banyak faktor, seperti perkembangan fisik, mental hingga kemampuan-kemampuan baru disetiap tahapan umur anak. Jika terjadi perubahan, tentunya telah terjadi tumbuh kembang anak sebagaimana yang diharapkan. Terjadinya perubahan ini, juga menjadi dasar bagi adanya perubahan di perkembang anak selanjutnya. Artinya, keadaan masa depan anak dapat ditentukan pada usia-usia dini yaitu usia 0-5 tahun.

Proses perkembangan ini sangat penting bagi anak, utamanya usia 0-5 tahun. Karena apabila terjadi keterlambatan pada perkembangan anak, dapat berdampak buruk bagi anak. Oleh karena itu, perlu diketahui beberapa tahapan perkembangan anak.

Cara mengetahuinya mudah, yaitu mengukur tinggi badan anak ataupun menimbang berat badan anak secara berkala. Serta, mengetahui kemampuan berbahasa, emosi hingga kemampuan motorik anak. Selain itu, adakah hal lain yang harus diketahui?

Tahapan Perkembangan Tumbuh Kembang Anak

Bagian ini akan menjelaskan beberapa tahapan yang terjadi pada anak sejak berusia 0-5 tahun. Jadi anda dapat mengetahui, apakah terjadi masalah pada anak atau tidak. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya,

  1. Anak Usia 3-4 Bulan

Pada usia ini, anak akan mengamati wajah orang lain dan mengamati pergerakan benda. Anak juga mulai mengenali orang dan benda, serta menirukan gerakan ekspresi wajah. Anak anda juga mulai mengeluarkan suara dan ocehan, serta menoleh ke sumber bunyi. Jika anak sudah menunjukkan tanda-tanda ini, maka anak berada dalam kondisi normal tidak ada masalah.

  1. Perubahan Anak di Usia 6-7 Bulan

Pada usia berikutnya, anak sudah mengetahui emosi seseorang. Anak dapat memberikan tanggapan saat dipanggil namanya dan penasaran dengan keadaan sekitar. Secara emosi, anak sudah menunjukkan perasan dengan mengeluarkan suara-suara yang khas. Namun perlu berhati-hati, karena anak mulai sering memasukkan benda-benda terdekat pada mulutnya.

  1. Perubahan Anak di Usia 1 Tahun

Saat menginjak usia pertama, anak sudah dapat mengucapkan kata tunggal, seperi mama atau papa. Anak mulai sering menirukan kata-kata orang lain, anak mulai merasa malu atau takut terhadap orang asing. Di masa ini, anak sudah dapat mengetahui mana yang benar dan menunjukkan ke arah yang dimaksud. Artinya anak sudah mulai aktif pada usia ini.

  1. Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Anak yang sudah berusia dua tahun, sudah lebih aktif dibandingkan usia-usia sebelumnya. Anak sudah senang bermain dengan anak-anak sebayanya. Perbendaharaan kata yang dimilikki pun semakin bertambah. Jika diberikan mainan dengan warna beragam, anak sudah mengetahui dan menyusunnya sesuai denagn bentuk dan warna. Bahkan anak sudah mengetahui nama orangtua

  1. Tumbuh Kembang pada Usia 3 Tahun

Usia tiga tahun merupakan usia yang sangat aktif untuk seorang anak. Usia ini anak sudah menunjukkan rasa sayang dan perhatian untuk orang lain. Anak sudah memiliki banyak emosi yang bervariasi dan memiliki kemampuan memakia pakaian sendiri. Pada beberapa kesempatan, anak sudah dapat diajak bercakap-cakap dan memahami percakapan dengan baik.

  1. Perkembangan Anak di Usia 4 Tahun

Menginjak usia berikutnya, anak akan lebih senang bermain dengan teman. Anak sudah dapat mengucapkan kalimat-kalimat panjang dan menyanyikan lagu yang disenanginya. Jika memiliki kelebihan dalam berbahasa, sebaiknya ajarkan anak bahasa-bahasa tersebut. Sehingga anak sudah mengenalnya sejak dini dan dapat menggunakannya di masa depannya.

  1. Perubahan Anak di Usia 5 Tahun dan Seterusnya

Sedangkan pada usia 5 tahun, anak sudah mulai ingin mandiri. Anak senang dengan bernyanyi, menarik hingga berakting. Anak sudah dapat menulis angka dan huruf dengan benar serta menggambar bentuk-bentuk geometri. Pada usia ini, anak sudah dapat menentukan apa yang akan dilakukannya dan yang diingin dilakukan. Usia ini anak dapat menjelaskan keinginannya.

Banyak perubahan-perubahan yang akan dialami anak selama usai tersebut. Karenanya, jangan sampai terlewat satu pun perubahan dan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, sempatkanlah beberapa saat di kesibukan anda. untuk dapat mengetahui perubahan yang terjadi pada anak dan tidak melewatkannya. Jika memungkinkan, abadikan setiap perubahan yang terjadi pada anak.

Gheantisa Sagita Zuels, SST.OT

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *